Selasa, 28 Agustus 2012

Profil band Queen



Queen adalah band yang berasal dari Inggris. Queen terdiri dari personil yaitu Brian May (guitarist), Freddie Mercury (vocal), John Deacon (bass), dan Roger Taylor (drums). Mereka mendirikan grup legendaris Queen di London pada tahun 1970. Tiga tahun setelah dibentuk, grup ini berhasil melepas album pertama mereka yang berjudul QUEEN. Walaupun album ini mendapat banyak pujian dari kritikus musik, namun angka penjualan tidak cukup memuaskan.

Album ke-2 mereka yang berjudul QUEEN II terangkat oleh single Seven Seas of Rhye dan berhasil masuk 5 besar British Album Charts. Namun, penjualan diluar Inggris masih belum memuaskan seperti album pertama mereka.

Akhirnya, sukses datang menghampiri mereka seiring dilepasnya album ketiga mereka yakni SHEER HEART ATTACK. Album ini masuk peringkat kedua di Inggris dan menembus Amerika Serikat dengan penjualan memuaskan.

Album A NIGHT AT THE OPERA yang dilepas tahun 1975 mendapat  tiga platinum di Amerika Serikat. Salah satu lagunya menjadi masterpiece mereka. 
Bohemian Rhapsody beberapa kali telah terpilih menjadi lagu terbaik sepanjang masa. Maka tidak salah kalau lagu ini di nobatkan sebagai lagu terbaik di dunia. Satu-satunya lagu yang dapat menandingi ini adalah karya lagu terbaiknya Michael Jackson dan The Beatles.

Grup yang tidak pernah berganti-ganti personel selama masa aktif mereka ini, akhirnya harus mengakhiri kesuksesan mereka dengan meninggalnya Freddie Mercury akhir 1991. Sisa personel memutuskan bahwa Queen tidak akan mencari pengganti vokalis lagi, yang artinya bahwa Queen sudah berakhir. Walaupun gosip sempat beredar bahwa mereka akan bergabung lagi dengan vokalis Paul Rodgers sebagai pengganti Freddie, namun tampaknya gosip ini belum terbukti sampai sekarang.

Formasi terakhir Queen tercatat hanya ada nama Brian May dan Roger Taylor saja sejak John Deacon memutuskan untuk pensiun dari dunia musik. Queen beberapa kali tampil live dengan nama Queen + Paul Rodgers walaupun belum pernah melepas studio album sejauh ini.

Popular Posts